Senin, 28 Januari 2008

Stop Global Warming!!!!



Emang udah banyak yang menyerukan tentang hal ini. Tapi, sebagai individu gw pengen bilang, bumi kita yang makin lama makin tua ini sudah sangat memprihatinkan. Eh, kemaren gw nonton vcd yang judulnya “an inconvenient truth” bener” bikin mikir. Kita ada di mana ya, bila es di kutub utara dan kutub selatan mencair. Pulau jawa masih ada gak ya? Indonesia begimana? Apa kita tinggalnya di kapal? Emang siapa yang bisa bikin kapal segede itu buat nampung orang seluruh dunia??? Huaaaaa…. Bener” pertanyaan panjang yang membuat gw bertanya”. Hehehehe…..
Kapan ya, kita ngalemin Indonesia itu sejuk lagi, ga banyak polusi, ga semerawut, ga banjir, ga ini & ga itu?. Kayaknya bakal susah apalagi di kota” besar macam Jakarta dan Yogyakarta tempat gw bermukim. Masalahnya bukan karena polusi semata, tapi karena emang penduduknya ga pernah sadar diri. Contoh, waktu gw jaman SD dulu, gw dah ngerasain namanya macet amit” dan kotornya udara pagi antara jam 6 lewat mpe jam stengah 8 pagi. Gimana ga? Orang semua ke kantor pake mobil. Satu anak di anter satu mobil, parkir berjejer ga keruan, dah gitu macet, terpaksa datang lebih pagi kalo ga mau ngerasain hal” macam itu. Lebih parahnya pohon makin lama makin berkurang alhasil, penyerapan karbon dioksida itu makin berlangsung lama.
Emang sih, kendaraan macem mobil tetep jadi kendaraan mewah. Tapi, peminatnya makin banyak. Coba kita nerapin mobil hanya boleh di pake untuk orang” yang berjumlah 3 atau lebih, dan untuk yang sendiri itu diberikan angkutan yang nyuaman dan nikmat, sehingga pengguna mobil yang sendirian tanpa temen lebih seneng naek angkutan lain. Ato, di kota yang puadat dan rawan macet (ingat macet membuat polusi berputar di situ” aja) membuat peraturan parkir mahal (kayak 10.000/menit) di daerah perkantoran, yang artinya dari pada parkir mobil mending naek yang lain buat ke kantor” yang di tengah kota. Lahan parkirnya mulai di adakan penghijauan, supaya lebih asri dan nyuaman, serta menyerap aer.
Di jogja tiap tahunnya motor makin banyak. Tau ga, setiap pendatang atau mahasiswa baru membawa atau membeli kendaraan bermotor untuk di pakai di kota itu. Bukan cuma itu sih, kalo di lihat dari penetapnya sendiri masing-masing kepala punya motor. Jadi jumlah motor di setiap rumah tuh ada lebih dari satu dan paling sedikit satu biji. Kenapa? Karena yang satu sekolah di mana, yang satu kuliah di mana, yang satunya lagi kerja di mana, jadi ga ada yang sama, jadi motor di perluin banyak orang. Capek juga sih kalo ngeliat jumlah motor yang ngebludak kayak gitu. Ribet banget. Andaikan orang” Jogja kaya orang” jaman dulu yang pake sepeda kalo ke kampus, pasti suasana panas karena polusi akan berkurang. Yah seandainya semua orang sadar….
Bukan karena gw ga bisa naek motor, tapi gw pikir kalo hanya ke tempat yangjaraknya 500 meter apa perlu motor, Di lingkungan kampus, buat ke gedung yang deket" apa perlu pake motor. Awalnya sih gw pikir buat ngirit tenaga oke juga, tapi membuat peredaran darah ga lancar. Hehehehehe…..

Oke tanpa berpanjang” lagi… tips dari mika buat stop global warming:
1. Jalan kaki di banyakin, apalagi kalo k tempat” yang deket. Jaraknya masih bisa di tempuh dengan jalan kaki sambil nyanyi” di jalan , liat” pohon, liat” orang. Ato naek sepeda, sekalian olahraga dan membuat kita sehat.
2. Kalo makan buah, bijinya di tanem, kali” numbuh jadi pohon. Hehehehe, tapi kalo punya halaman yang luas, di niatin aja buat di tanem apaan gitu yang bermanfaat buat kita semua. Kali aja bisa jadi panen. Ato mungkin taneman hasil karya kita harganya jadi mahal kayak gelombang cinta dan semacamnya, hihihi.
3. Mulai irit…. Dari listrik ( yang tenaganya dari minyak juga), trus irit aer ( aer tanah makin lama makin berkurang loh…), trus irit yang laen”nya macem kertas, trus plastic… mulai sekarang kalo beli apa aja, ato minjem apaan di rental vcd ato komik, ga usah minta plastic… tapi taroh aja di tas kita.
4. Buang sampah pada tempatnya
5. Hindari rokok dan para perokok, yang membuat kita jadi perokok pasif dan menimbulkan banyak penyakit baik pada saat ini maupun saat yang akan datang. 1 batang rokok membuat polusi apalagi kalo jumlahnya buanyak… apalagi kalo 1 orang merokoknya mpe 1 bungkus sehari…hueee, buang” duit ajah. Mending beli cemilan ato beli susu yang lebih menyehatkan badan.
Yah ini kan hanya tips” dari mika, kalo pengen ngikutin syukur, gak juga terserah….. J. Maap bila ada yang kata” yang menyinggung. Karena kalo ga dari kita, trus dari siapa lagi. So… stop global warming.
PS: mika ngerekomendasiin pilm judulnya “an inconvienient truth”, isinya emang bukan drama percintaan atau komedi serta horror, tapi disitu diliatin gimana bumi kita yang sekarang ini mulai rusak karena ulah kita sendiri.

1 komentar:

Rezza mengatakan...

boleh juga tuh judulnya...yap its a big problem enviromental issue...

contohnya sampah plastik aja dah makan 100000 kura-kura dilaut mati ma 10000 ikan paus disaluran pencernaannya ada palstik...and plastik baru dapet ancur 500 tahun lagi..SO??? dah gitu gas metana yang hasil pembakaran sampah plastik sebagai penyebab global warming no 2 didunia setelah green house effect....rezza estily